Sabtu, 15 November 2014

Mempekerjakan Mantan Hacker Untuk Keamanan Sistem ???


Hacker adalah seseorang yang memiliki kemampuan pada komputer dan sistem jaringan, kemampuan standar yang dimiliki seorang hacker adalah core programming dan network specialist. Hacker merupakan pengguna komputer yang mampu masuk kedalam sistem komputer melalui jaringan, baik untuk keperluan monitoring (melihat sistem), copying (pengambilan/pencurian data), atau crashing (merusak sistem komputer) targetnya.


Klasifikasi Hacker

Hacker terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan sifatnya. Baik orang itu seorang sistem administrator maupun user yang ingin membobol sistem komputer kita.


* White Hats : merupakan hacker yang bekerja sebagai system analist, system administrator maupun security analist. White hats bekerja dalam sistem dan memiliki kemampuan yang tinggi untuk menjaga sistem agar tetap bekerja dengan baik dan tidak diacak-acak oleh orang lain.


* Gray Hats : merupakan hacker yang bekerja offensivelly dan defensivelly. Gray Hats merupakan orang yang melakukan attacking terhadap sistem yang juga bekerja untuk membuat pertahanan terhadap sistem.


* Black Hats : merupakan hacker yang hanya bekerja sebagai attacker dan mengambil manfaat terhadap sistem yang diserangnya.


* Suicide Hacker : Hacker yang bekerja persis seperti Black Hats Hacker, bersifat destruktif dan tidak peduli terhadap ancaman yang akan menimpanya.


Sebagai contoh : “APPLE” mempekerjakan seorang whitehat hacker bernama Kristin Paget untuk membantu Apple 'mengamankan' sistem operasi dan hardware mereka. Paget sebelumnya bekerja untuk Microsoft. Dia dan timnya, Recursion Ventures dipekerjakan oleh Microsoft untuk melakukan tes penetrasi pada Windows Vista, dan dia menemukan lubang keamanan di Windows Vista pada tahun 2006 silam.


Kesimpulan dari saya adalah merupakan ide yang sangat baik (penting), adanya seorang white hacker/gray hacker untuk dipekerjakan dalam perusahaan yang besar untuk meminimalisir, mencegah, menjaga dan memulihkan semua sistem yang ada pada suatu perusahaan dari serangan black hacker/suicide hacker yang ingin merusak sistem dan mengambil data-data penting yang semestinya tidak dipergunakan untuk kepentingan pribadi maupun untuk dijual ke lawan perusahaan yang di retas olehnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar