Senin, 17 November 2014

IT Manager Terkait Akses Terhadap Data Karyawan Suatu Perusahaan ???

IT Manager bertugas mengawasi semua staff di departemen IT, serta memberikan bimbingan, arahan dan pelatihan kepada karyawan junior terutama pada berbagai tugas yang mungkin sulit mereka lakukan. IT MANAGER juga menerapkan sistem keamanan IT dalam organisasi untuk memastikan keamanan data dan sistem IT, mengawasi organisasi sistem WAN, mengawasi pengelolaan dan pemeliharaan stasiun kerja komputer, mengawasi pelatihan staff untuk memastikan mereka mampu menggunakan software dan hardware komputer secara kompeten, memberikan dukungan dalam mengatasi masalah-masalah komputer, mengawasi penyimpanan yang tepat dari semua data perusahaan dan pengarsipan record dan back up, serta menyediakan dukungan teknis kepada karyawan ahli komputer lain dalam organisasi. 

IT MANAGER berinteraksi dengan klien setiap hari untuk dapat melihat dan memahami masalah IT mereka dan memberikan solusi yang kompeten untuk masalah tersebut. IT manager memastikan sistem berjalan lancar dan efisien dari semua sistem IT dalam organisasi, menjaga informasi karyawan pada perubahan berbagai teknologi yang sedang berlangsung dalam organisasi, berkomunikasi dengan manajemen puncak dalam hal isu-isu terkait IT, serta mengidentifikasi sistem komputer baru dan trend di pasar sehingga status organisasi IT selalu berada pada barisan terdepan.

Pertanyaan :
Terkait IT Manager yang kapan tepatnya dapat mengakses data karyawan pada sebuah perusahaan ?

Menurut saya : Setiap waktu Manager IT harus memonitor karyawannya karena ada berbagai alasan hukum mengapa manajer perlu dan harus mengakses/memonitor data karyawannya menggunakan e-mail dan internet di tempat kerja. Berikut alasannya :

1.  Manajer  tidak ingin karyawan mengirimkan file rahasia atau informasi rahasia lainnya kepada orang lain melalui e-mail. Manajer khawatir bahwa karyawan berbicara tentang informasi kerja yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

2. Ketika karyawan mengakses situs dengan menggunakan komputer perusahaan, manajer khawatir apabila komputer perusahaan terdapat virus. Apabila komputer perusahaan telah terkena virus maka perusahaan mengeluarkan biaya lebih banyak untuk menyingkirkan virus. Perusahaan memiliki hak untuk membatasi website yang diakses oleh karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar